TKIT Permata Madani Islamic School merupakan Lembaga Pendidikan untuk anak usia dini. Kurikulum yang Kami gunakan adalah kurikulum Nasional yang diintegrasikan dengan kurikulum Sekolah Islam Terpadu berbasis pembinaan Karakter (Character Building) yang disesuaikan dengan tahap usia perkembangan anak. Kombinasi kurikulum yang kami gunakan, disusun dengan tujuan :
Play Group berusia 2-4 tahun dan termasuk dalam lembaga non-formal.
TK A berusia 4-5 tahun dan termasuk dalam pendidikan formal.
TK B untuk anak berusia 5-6 tahun termasuk dalam pendidikan formal.
"TKIT Permata Madani sebagai sekolah Pendidikan anak usia dini berfungsi membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi anak usia dini secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya agar memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan selanjutnya"
Siti Barkiah, S.Pd
Kepala TKIT Permata Madani
Pada kegiatan jurnal pagi ini, siswa diminta untuk menyampaikan pengalamannya mulai dari kegiatan selama di rumah hingga masuk sekolah dengan cara menggambar. Tujuan dari kegiatan jurnal pagi adalah melatih motorik halus siswa dan kemampuan menuangkan imajinasi dalam bentuk gambar tentang aktivitas dirumah dan menuju sekolah, sekaligus mengkondisikan siswa untuk siap mengikuti pelajaran di sekolah.
Madani Qur’an Activity, merupakan aktivitas belajar Al-Qur’an (Tahsin & Tahfidzh) dengan menggunakan metode Utsmani yang disesuaikan dengan tahap usia Anak. MQA dilakukan setiap pagi hari dan diawal sebelum aktivitas belajar sentra dimulai. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya siswa terbiasa berinteraksi dengan Al-Qur’an setiap hari dan akhirnya tumbuh sikap untuk mencintai Al-Qur’an.
Kegiatan Sholat Dhuha dilakukan dengan dipandu oleh guru/fasilitator kelas, mulai dari persiapan berwudhu, hingga saat pelaksanaan sholat dhuha. Tujuan kegiatan ini adalah untuk pembiasaan melaksanakan sholat sunnah dhuha oleh siswa
“Tujuan pendidikan adalah membantu orang agar menggunakan pikirannya dengan lebih baik.” – Howard Gardner –
Di kegiatan outdoor ini, siswa diajak untuk bermain sambil belajar dengan melompat, berlari, berjinjit. Melempar bola, bermain karet dan lain sebagainya..Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih motorik kasar, semua activity outdoor ini didampingi oleh guru / fasilitator kelas.
Siswa mulai memasuki kegiatan belajar inti , sesuai dengan jadwal bermain sentra di masing-masing kelas Bersama guru/fasilitator
Setelah aktivitas belajar di sentra selesai, selanjutnya siswa melakukan kegiatan recalling atas seluruh kegiatan bermain dan belajar di sentra pada hari itu dengan cara bercerita secara lisan kepada guru/fasilitator di kelas masing-masing.
Aktivitas menggosok gigi, dilakukan dengan tujuan siswa terbiasa merawat anggota tubuh yang diamanatkan oleh Allah Swt Kepada kita semua, juga untuk belajar menggosok gigi dengan cara yang benar
Aktivitas sholat Dzuhur berjamaah dilakukan dalam rangka melatih siswa :
Menumbuhkan kesadaran siswa tentang ibadah sholat
Mengenalkan pembiasaan waktu sholat kepada siswa
Mengenalkan rangkaian tata cara kegiatan dalam sholat berjamaah
Kegiatan Fun Day dilakukan 1x dalam sepekan, dimana kegiatan ini Merupakan kegiatan pembelajaran siswa yang dilakukan diluar kelas sesuai dengan tema yang sudah disusun.
Contoh kegiatan Funday diantaranya yaitu Gardening, Cooking Class, Tracking, Swimming, Outbond, Fun Camp, Market Day dan lain sebagainya