Program “KISAH”
Kajian Ilmu Sabtu Ahad
Permata Madani Islamic School
Yuk, Kenali Perkembangan Motorik Halus Sang Buah Hati*
Di Resume Oleh : Ikbar Hafidzino Paranduri, M.Pd.(Guru matematika SMPIT Permata Madani).
Assalamualaikum.wr.wb.
Ayah bunda, pernahkah memperhatikan perkembangan motorik halus Ananda?
Dan tahukah bahwa kemampuan motorik halus merupakan bagian terpenting dari pengembangan kemampuan keaksaraan Ananda?
Kemampuan motorik halus merupakan kemampuan mengendalikan gerakan kecil dan presisi pada bagian tubuh tertentu, seperti tangan dan jari.
Capaian kemampuan motorik halus anak dapat bervariasi tergantung pada usia dan perkembangan ananda. Berikut adalah beberapa capaian umum kemampuan motorik halus Ananda yang bisa dijadikan acuan pengamatan perkembangan motorik ananda oleh ayah dan bunda :
Usia 1-2 Tahun:
- Menggunakan jari-jari untuk menekan tombol sederhana atau memegang mainan kecil.
- Mengambil makanan dengan jari-jari dan menggunakan sendok atau garpu.
- Menumpuk dan menyusun blok-blok atau mainan yang lebih besar.
- Menggunakan crayon atau spidol besar untuk membuat tanda-tanda kasar pada kertas.
Usia 2-3 Tahun:
- Mampu menggunakan jari-jari untuk menekan tombol kecil atau memasukkan koin ke dalam celah.
- Memegang pensil atau crayon dengan grip yang lebih terampil.
- Menggunakan potongan-potongan mainan kecil seperti puzzle sederhana atau Lego.
- Mulai menggambar garis-garis dan bentuk-bentuk sederhana dengan lebih terarah.
Usia 3-4 Tahun:
- Mampu melakukan aktivitas pengerjaan dengan detail lebih halus, seperti menganyam benang atau memasukkan kancing ke lubang.
- Mulai menggambar gambar-gambar sederhana yang lebih dikenali, seperti lingkaran, garis lurus, dan mungkin sudah mulai menggambar wajah manusia.
- Menggunakan alat tulis seperti pensil, spidol, atau crayon dengan lebih terampil.
- Mampu memegang gunting dan mulai memotong bentuk sederhana.
Usia 4-5 Tahun:
- Mampu menggunting dengan lebih baik, mengikuti garis yang ditentukan.
- Membuat gambar-gambar yang lebih terperinci, mungkin sudah menggambarkan rumah, pohon, dan lainnya.
- Mampu membuat bentuk-bentuk geometri sederhana, seperti persegi atau segitiga.
- Membuat konstruksi dengan mainan yang lebih kecil dan lebih rinci, seperti Lego.
Usia 5-6 Tahun:
- Mampu membuat gambar-gambar yang lebih kompleks, mungkin sudah memperhatikan detail seperti ekspresi wajah dan latar belakang.
- Menggunakan alat tulis dengan lebih terampil dan dapat menulis huruf dan angka dengan lebih jelas.
- Mampu menyelesaikan puzzle yang lebih rumit dan membangun konstruksi yang lebih besar dengan mainan seperti Lego atau blok.
Capaian-capaian tersebut dapat dijadikan sebagai acuan perkembangan motorik Ananda, namun perlu ayah dan bunda ingat bahwa setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda, tentu penting untuk dapat menerima serta memperhatikan kemampuan Ananda sebagai individu khususnya ketika mengamati perkembangan kemampuan motorik halus mereka.
Wassalamualaikum.wr.wb.
Referensi :
- “Child Development: A Practical Introduction” oleh Kevin Crowley dan Helen Lodge.
- “Development Through the Lifespan” oleh Laura E. Berk.
- “Child Development: An Active Learning Approach” oleh Laura E. Levine dan Joyce Munsch.