This is the of the sentence.

ACADEMIC

  • TKIT Permata Madani Islamic School merupakan Lembaga Pendidikan untuk anak usia dini. Kurikulum yang Kami gunakan adalah kurikulum Nasional yang diintegrasikan dengan kurikulum Sekolah Islam Terpadu berbasis pembinaan Karakter (Character Building) yang disesuaikan dengan tahap usia perkembangan anak.  Kombinasi kurikulum yang kami gunakan, disusun dengan tujuan untuk bisa menghasilkan peserta didik yang memiliki 20 sikap & Essensial Life Skill.

    Untuk metode pembelajaran di kelas, kami menggunakan Sistem Sentra / BCCT (Beyond, Centers dan Circle Time) yang dikembangkan oleh Pamela Phelps di Florida. Dimana dalam Metode pembelajaran sistem sentra ini, dibuat berdasarkan kebutuhan anak dengan mengobservasi setiap perkembangan anak.

    Metode ini kami terapkan untuk membangun “Kecerdasan Jamak” secara bersamaan dan berimbang, dimana basis pembelajarannya adalah bermain sambil belajar dengan tujuan untuk membangun karakter dan kecerdasan anak sejak usia dini.

    Dalam metode ini, ada 6 sentra yang kami sediakan, agar anak-anak bisa bermain sambil belajar dengan nyaman, yaitu :

    • Sentra Persiapan

    Di sentra ini, kami menyiapkan tempat bermain sambil belajar dengan tujuan untuk membangun kemampuan keaksaraan para siswa .Di sentra ini, siswa difasilitasi dengan permainan yang dapat mendukung pengalaman membaca, menulis, berhitung dengan cara yang menyenangkan. Efek yang diharapkan adalah Anak dapat berpikir teratur, senang membaca, menulis dan menghitung.

    • Sentra balok

    Di sentra ini, kami menyiapkan tempat bermain sambal belajar dengan tujuan untuk merangsang kemampuan konstruksi, prediksi, presisi, akurasi, geometri dan matematika. Tempat bermain sambil belajar bagi anak untuk mempresentasikan ide ke dalam bentuk nyata (bangunan). Penekanan sentra ini pada start and finish, di mana anak mengambil balok sesuai kebutuhan dan mengembalikan dengan mengklasifikasi berdasarkan bentuk balok. Efek yang diharapkan adalah anak dapat berfikir tipologi, mengenal ruang dan bentuk sehingga dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial secara optimal.

    • Sentra seni

    Di sentra ini, kami menyiapkan tempat bermain sambal belajar dengan menitik beratkan pada kemampuan anak dalam berkreasi. Kegiatan di sentra ini dilaksanakan dalam bentuk proyek, dimana anak diajak untuk menciptakan kreasi tertentu yang akan menghasilkan sebuah karya. Efek yang diharapkan adalah anak dapat berfikir secara kreatif, juga sensori motornya bisa terbentuk dan mampu bekerjasama dengan teman-temannya.

    • Sentra Bahan Alam

    Di sentra ini, kami menyiapkan tempat bermain sambal belajar dengan tujuan untuk mengembangkan pengalaman sensori motor dalam rangka menguatkan tiga jari untuk persiapan menulis, sekaligus pengenalan sains untuk anak. Efek yang diharapkan adalah Anak dapat terstimulasi aspek motorik halusnya secara optimal, dan mengenal sains sejak dini.

    • Sentra Main peran

    Di sentra ini, kami menyiapkan tempat bermain sambal belajar, dimana siswa dapat mengembangkan daya imajinasi dan mengekspresikan perasaan saat ini, kemarin, dan yang akan datang. Penekanan sentra ini terletak pada alur cerita sehingga anak terbiasa untuk berfikir secara sistematis. Efek yang diharapkan adalah anak dapat beradaptasi, bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman dan lingkungan sekitar, memiliki kemandirian, kepemimpinan dan mengembangkan kemampuan linguistik secara optimal.

    • Sentra Imtak (Iman dan Takwa).

    Di sentra ini, kami menyiapkan tempat bermain sambil belajar dengan tujuan untuk mengembangkan kecerdasan jamak, dimana kegiatan main lebih menitik beratkan pada kegiatan keagamaan. Di sentra ini anak difasilitasi dengan kegiatan bermain yang memfokuskan pada pembiasaan beribadah dan mengenal Simbol dan huruf keagamaan misalnya untuk sentra Agama Islam mengenal huruf hijaiyyah dengan cara bermain sambil belajar. Efek yang diharapkan adalah tertanamnya akhlakul karimah. Ikhlas, sabar, dan senang menjalankan perintah agama.

20 Sikap Permata Madani Islamic School

1.Takwa
2.Ibadah
3.Ikhlas
4.Khusyu
5.Sabar
6.Syukur
7.Rendah hati
8.Kasih saying
9.Hormat
10.Jujur

11. Disiplin
12. Tanggung Jawab
13. Khusnudzhon
14. Rajin
15. Ramah
16. Bersih
17. Qonaah
18. Mutu
19. Istiqomah
20. Adil

10 Karakter Utama Muslim

  1. Salimul Aqidah (Aqidah yang Bersih)
  2. Shahihul Ibadah (Ibadah Yang Benar)
  3. Matinul Khuluk (Akhlak Yang Kokoh)
  4. Qowwiyul Jism (Jasmani yang kuat)
  5. Mutsaqqoful Fikri (Intelek Dalam berfikir)
  6. Mujahadatun Linafsihi (Berjuang melawan hawa nafsu)
  7. Harishun ‘ala waqtihi (Pandai dalam mengatur waktu)
  8. Munazhzhamun fi Syu’unihi (Teratur dalam Suatu urusan)
  9. Qodirun ‘alal kasbi (Mandiri dalam Ekonomi)
  10. Naafi’un Lighoiri (Bermanfaat bagi orang lain)
Post Views: 144